cool hit counter

PDM Jakarta Timur - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Jakarta Timur
.: Home > Visi dan Misi

Homepage

Visi dan Misi

 PROGRAM UMUM PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH

JAKARTA TIMUR PERIODE 2010 - 2015

 

NO.

VISI PENGEMBANGAN

PROGRAM PENGEMBANGAN

KEGIATAN

PELAKSANA

PIHAK YANG TELIBAT

TENGGAT WAKTU

SUMBER DAYA

1

Program Konsolidasi Idiologi.

 

Teraktualisasinya prinsip-prinsip dan idealisme gerakan yan gmenunjukkan keunggulan Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai gerakan Islam yang maju, propesional dan modern.

1.        Intensifitakasi pembinaan ideologi di seluruh Anggota Pimpinan persyarikatan, majelis/ lembaga, ortom dan amal usaha Muhammadiyah teraktualisasi dalam setiap aktifitas gerakan;

2.        Intensifikasi dan pemasyarakatan manhaj gerakan Muhammadiyah (muqaddimah Anggaran Dasar, Kepribadian, MKCHM, Khittah, PHIWM dsb) seagai sumber inspirasi, acuan dan tuntunan di semua lingkungan organisasi anggota Muhammadiya Jakarta Timur.

3.        Meningkatkan dan mengembangkan pola-pola pembinaan jamaah dan peran Muhammadiyah di masyarakat bawah (akar rumput) seperti RT/RW,kawasan-kawasan perumahan, industri.

4.        Mewaspaidai dan menjaga masuknya baerbagai aliran, pemahaman agama, ideologi dan pemahaman agama Islam di Muhammadiyah ke dalam lingkungan Persarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah

1.        Menyelenggarakan Darul Arqam untuk Anggota Pimpinan Persyarikatan, Majelis/Lembaga, Ortom dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah Jakarta Timur.

 

 

 

2.        Menyelenggarakan Baitul Arqam tentang ; Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah; Kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah,  Khittah dan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Program Konsolidasi Kelembagaan

 

Meningkatnya kualitas Intitusi organisasi yang menunjukkan keunggulan Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai gerakan Islam yang maju, professional dan modern

1.        Intensifikasi pembinaan cabang dan ranting serta pemetaan cabang ranting diseluruh wilayah Jakarta Timur. Sampai 2015 telah berdiri ranting 50% kelurahan, dan 80% kecamatan di Jakarta Timur.

2.        Mengembangkan model Gerkan Jamaah dan Dakwah Jamaah Jakarta Timur, dipadukan dengan program keluarga Sakinah dan Qaryah Thayyibah.

 

3.        Meningkatkan kepemimpinan yang efektif dan kapasitas organisaasi di seluruh eselon persyarikatan wilayah Jakarta Timur

 

4.        Menyusun data base Muhammadiyah Jakarta Timur yang lengkap dan menyeluruh.

5.        Mengembangkan organisasi Muhammadiyah sebagai basis gerakan cultural diseluruh lapisan masyarakat (RT, RW, Keluruhan dan kecamatan) wilayah Jakarta Timur.

6.        Mengembangkan kinerja organisasi yang efektif dan akuntabel, transparan, komonikatif dan cerdas serta aktualisasi sehingga Muhammadiyah Daerah Jakarta Timur menjadi maju dan modern di wilayah Jakarta Timur

7.        Mengefktifkan manajemen mensjid dan mushalla Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai basis gerakan Muhammadiyah di akar rumput.

8.        Meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kunjungan ke cabang dan ranting se Jakarta Timur secara teratur dan terjadual

 

1.        Melakukan koordinasi  dengan Lembaga Pembinaan cabang dan ranting PDM Jakarta Timur dan PCM se Jakarta Timur sebagai upaya pembinaan/pembentukan   ranting Muhammadiyah di setiap kelurahan wilayah Jakarta Timur.

 

 

 

2.        Mempersiapakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan  gerakan jama’ah dan dakwah jama’ah dengan Majelis Tabligh PDM Jakarta Timur, PCM dan PRM se Jakarta Timur.

 

3.        Mendistribusikan wewenang  dan mengkoordinasikan fungsi-fungsi organisasi serta menetapkan regulasi kebijakan organisasi agar tidak terjadi tumpang tindih fungsi antar Pembantu Persyarikatan PDM Jakarta Timur.

 

4.        Mempersiapkan dan mengkoorsinasikan upaya penyusunan data base Muhammadiyah Jakarta Timur dengan Pembantu Persyarikatan PDM Jakarta Timur, Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah se Jakarta Timur, dalam rangka mengembangkan organisasi Muhammadiyah sebagai basis gerakan kultural diseluruh lapisan masyarakat Jakarta Timur.

 

 

 

 

3

Program pengembangan kemitraan

 

Berkembangnya kualitas dan intensitas hubungan orgasnisasi yang menunjukkan peran strategis dan keterlibatan proaktif Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai gerakan Islam yang maju, professional dan modern.

1.        Meningkatkan komunikasi, jaringan, dan kerjasama dengan organisasi-oranisasi Islam, ormas, dan kekuatan kekuatan strategis di Jakarta Timur dalam upaya membangun tatanan kehidupan Jakarta Timur yang damai, maju, adil, makmur, bermartabat dan berperadaban utama;

2.        Mengembangkan kerjasama yang proaktif dan harmonis yang saling menguntungkan dengan instansi di Jakarta Timur, baik pemerintah maupun swasta.

1.        Mempersiapkan dan mengkoordinasikan upaya peningkatan komunikasi, jaringan dan kerjasama dengan Ormas Islam serta kekeuatan strategis di Jakarta Timur.

 

 

 

 

4

Pemberdayaan anggota dan kader

 

Mengembangkan kuantitas, kualitas dan kapasitas anggota serta kader Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai pelaku gerakan dalam upaya mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

1.        Mengembangkan model pengembangan jumlah anggota scara proaktif sebagai strategis gerakan yang bersifat ekspansif untuk mewujudkan tujuan Muhammadiyah.

2.        Meningkatkan model pengembangan kualitas anggota yang terintegrsi dengan pembinaan pendidikan, kesehatan dan kelauarga sakinah.

3.        Meningkatkan usaha secara serius yang berkaitan dengan kesejahteraan dan masa depan kader.

4.        Melaksanakan program pengiriman kader Muhammadiyah Jakarta Timur ke lembaga-lembaga pendidikan secara terorganisasi.

5.        Menggalang potensi kader Muhammadiyah Jakarta Timur yang tersebar di berbagai lembaga pemerintah, lembaga-lembaga profesi dan institusi strategis untuk pengembangan visi dan misi Muhammadiyah.

 

 

 

 

 

5

Program pemberdayaan keluarga 

 Berkembangnya kualitas keluarga Muhammadiyah Jakarta Timur yang berbasis kehidupan keluarga sakinah dalam kehidupan masyarakat sebagai wujud keberhasilan dakwah Muhammadiyah.

Meningkatkan usaha pembinaan keluarga  sakinah dan sosialisasi tuntunan praktis di lingkungan keluarga Muhammadiyah dan masyarakat umum.

 

 

 

 

 

6

Program partisipasi kebangsaan

 Berkembangnya peran strategis Muhammadiyah Jakarta Timur sebagai kekuatan Islam modernis dalam mempengaruhi kebijakan public pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai wujud amar makruf nahi munkar.

1.        Menigkatkan komunikasi, huubungan dan kerjasama secara proaktif dengan lembaga pemerintah (eksekutif, legislatif, dan yudikatif ) Jakarta Timur

2.        Meningkatkan perhatian, kepedulian dan penyikapan terhadap persoalan aktual dan krusial yang menyangkut kepentingan publik dan Umat Islam di Jakarta Timur

3.        Meningkatkan inisiatif dan komunikasi khusus dengan organsasi Islam Jakarta Timur dalam usaha memperrkuat ukhuwah dan kepemimpinan umat islam.

 

 

 

 

 

`


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website